GRAFFITI

SENI GRAFFITI 



    Coretan-coretan di tembok yang ada dijalan raya mungkin sudah tak asing kita lihat apalagi di bangunan-bangunan kosong, tahukah kalian coretan itu bukanlah coretan biasa, itu adalah street art yang disebut dengan graffiti. Jika diperhatikan lebih dalam graffiti banyak mengandung pesan perlawanan, sosial, atau hanya sekedar inisial nama dari si pembuat graffiti. Di kota-kota besar mungkin graffiti banyak terdapat ditempat umum bahkan di gang-gang sempit.

sejarah graffiti 

    Adanya kelas-kelas sosial yang terpisah terlalu jauh menimbulkan kesulitan bagi masyarakat golongan tertentu untuk mengekspresikan kegiatan seninya. Akibatnya beberapa individu menggunakan sarana yang hampir tersedia di seluruh kota, yaitu dinding.

Pendidikan kesenian yang kurang menyebabkan objek yang sering muncul di grafiti berupa tulisan-tulisan atau sandi yang hanya dipahami golongan tertentu. Biasanya karya ini menunjukkan ketidak puasan terhadap keadaan sosial yang mereka alami.

Meskipun grafiti pada umumnya bersifat merusak dan menyebabkan tingginya biaya pemeliharaan kebersihan kota, namun grafiti tetap merupakan ekspresi seni yang harus dihargai. Ada banyak sekali seniman terkenal yang mengawali kariernya dari kegiatan grafiti.


sumber gambar : https://wallpaperaccess.com/graffiti-desktop



Komentar

Selengkapnya

GRAFFITI? VANDALISME?

PERKEMBANGAN GRAFFITI DI INDONESIA

GRAFFITI STYLE